Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online

Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online – Kartu Kuning / AK1 atau Kartu Pecari Kerja merupakan salah satu berkas yang biasanya harus dipenuhi para pencari kerja di Indonesia, terutama yang ingin melamar lowongan CPNS.

Untuk membuat kartu kuning, anda harus siapkan beberapa persyaratan yang diperlukan. Yaitu antara lain

- Fotokopi KTP yang masih berlaku
- Fotokopi Akte Kelahiran
- Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
- Fotokopi Ijazah dari SD sampai Pendidikan terakhir
- Pas foto ukuran 4x3 sebanyak 2 buah (sebaiknya bawa lebih)

Setelah semua persyaratan sudah anda siapkan, anda tinggal menuju ke Disnakertrans wilayah tempat anda tinggal. Berikut prosesnya.

- Datang ke Disnakertrans setempat dengan membawa persyaratan diatas
- Lebih baik membawa dokumen asli (KTP dan Ijazah asli) untuk mencocokan data
- Mengisi formulir untuk keperluan pembuatan kartu kuning
- Setelah kartu kuning jadi, fotokopi kartu tersebut untuk dimintakan legalisi

Lalu bagaimana cara membuat surat kuning secara online. Ini ulasannya


Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online



- Buka terlebih dahulu situs http://infokerja.naker.go.id/. Dan di situ akan tampak tampilan situs Depnakertrans beserta dengan menunya.

- Pilih menu Pencaker untuk mendaftar. Lalu isikan data yang diminta secara lengkap.

- Pada kolom user ID, dapat diisi sesuai dengan keinginan namun tidak menggunakan spasi. Usahakan untuk menggunakan user ID yang unik supaya tidak sama dengan pengguna lainnya. Masukkan kata sandi yang diinginkan dan selalu ingat kata sandi yang dipilih untuk nanti digunakan saat log in.

- Cara daftar Kartu Kuning selanjutnya yaitu untuk Data Regional, isikan setiap kolom data yang dibutuhkan sesuai dengan KTP.

- Di bagian Data Pribadi, di kolom gelar depan isikan gelar anda dan jangan diisi dengan nama anda. jika anda tidak ada gelar, bisa dikosongkan saja. Begitu juga dengan gelar belakang. Diisi sesuai petunjuk pengisian gelar depan.

- Di Data Harapan, isi semua kolom sesuai yang diinginkan. Untuk kolom Negara yang diharapkan, bisa dikosongkan saja jika pilih di dalam negeri. Untuk kolom golongan dan jenis golongan diisi sesuai yang diharapkan atau yang mendekati.

- Setelah terisi semuanya dengan lengkap dan benar, selanjutnya adalah klik tanda Kirim.

- Setelah klik Kirim, akan muncul halaman baru yang berisi mengenai data pribadi anda yang sudah anda isikan tadi. Dan anda akan diminta untuk mengunggah foto anda. Ukuran foto sebaiknya tidak terlalu besar. Maksimal 100 kb agar bisa diunggah.

- Lalu setelah mengunggah foto, anda akan diminta untuk mengisi informasi form.

- Jika sudah mengisikan riwayat pendidikan dan keterampilan, pilih Simpan Perubahan. Klik Simpan jika semua sudah terisikan sampai riwayat pekerjaan. Riwayat pekerjaan diisi jika sudah pernah bekerja sebelumnya dan memiliki surat pengalaman kerja yang nantinya dilampirkan untuk mengambil kartu di Disnaker.