Hal Wajib yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Melamar Pekerjaan Baru

Hal Wajib yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Melamar Pekerjaan Baru – Mendapatkan pekerjaan baru merupakan momen yang membahagiakan buat seorang karyawan. Rekan kerja baru, tugas baru dan yang pasti gaji naik sudah menanti para karyawan yang akan pindah kerja.

Walaupun anda bisa pindah kerja dengan berbagai alasan, namun ada baiknya jika anda mempertimbangkan beberapa hal penting sebelum secara resmi mengangkat kaki dari perusahaan sekarang. Apa saja itu ?

Hal Wajib yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Melamar Pekerjaan Baru


Beban Kerja

Sebelum anda menerima tawaran kerja di perusahaan incaran, cobalah untuk tanya dan pikirkan kembali tugas yang akan anda kerjakan di tempat kerja yang baru. Pilih kerja dengan tugas tidak lebih mudah dari perusahaan saat ini sehingga anda bisa tertantang dan meningkatkan kemampuan. Namun pastikan pula bila anda mampu melakukannya.


Potensi untuk Berkembang

Hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah kemungkinan anda untuk berkembang, baik itu dari segi kemampuan maupun jabatan.Misalnya dengan mencari tempat kerja yang sering mengadakan workshop atau membiarkan anda mengikuti seminar. Jika berniat untuk kembali kuliah, pastikan pula jika perusahaan memperbolehkannya.


Sistem kerja

Pastikan anda cocok atau setidaknya bisa beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan yang anda incar. Caranya tentu saja dengan bertanya kepada pihak HRD atau manajer yang mewawancarai anda. Jika ada kenalan yang sedang atau pernah di bidang serupa gali juga informasi dari dia.


Bonus

Jika anda memang sudah memiliki pengalaman, jangan malu untuk bertanya mengenai pendapatan atau kompensasi. Namun jangan pula bersikap terlalu berlebihan  yang akan membuat perekrut jadi ill-feel.


Perusahaan Lebih Baik

Pastikan bila PT tersebut memiliki kualitas yang lebih dari perusahaan anda sebelumnya. Jika bisa coba pikirkan minimal lima hal yang anda suka dari tempat tersebut. Bila mencari lima poin terbaik saja sulit sepertinya kantor itu tidak layak anda pilih.